Friday, May 11, 2012

PROYEK MENULIS "KISAH PERSAHABATANKU DENGAN HEWAN" | 1 MEI 2012 - 20 MEI 2012




Hewan memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, sebagai sumber makanan, sumber penghasilan (uang) misalnya peternakan, penghasil tenaga misalnya kuda penarik gerobak, sumber penghasil bahan-bahan kerajinan/fashion, sebagai pemangsa hama, bahkan dijadikan peliharaan di rumah untuk dijadikan teman bagi manusia. Sayangnya ketergantungan manusia yang tinggi terhadap hewan ini tidak dibarengi perlakuan yang baik dan menguntungkan untuk kelangsungan hidup para hewan. Kita sering mendengar berita pembantaian dan eksploitasi hewan besar-besaran untuk kepentingan manusia. Berita terbaru adalah tentang pembantaian orangutan oleh manusia yang membuka ladang dan perkebunan di habitat mereka. Ada juga berita tentang kematian satwa-satwa langka di sebuah kebun binatang di Indonesia akibat kelalaian pengelola dan berita tentang hewan peliharaan yang ditelantarkan pemiliknya atau penyiksaan hewan oleh sekelompok orang dengan alasan tertentu. Tapi kita juga sering mendengar kisah menyentuh tentang hubungan hewan dan manusia, terutama hewan yang dipelihara dengan penuh kasih sayang, kisah Hachiko misalnya.

Kami bukanlah sekelompok aktifis atau penggiat lingkungan hidup yang ingin menyelamatkan hewan dari pembantaian dan kepunahan. Kami hanya keluarga kecil yang menyayangi hewan-hewan peliharaan kami dan berbagi kisahnya melalui blog ini. Kami yakin teman-teman animal lovers di Indonesia juga banyak yang mempunyai kenangan dan kisah yang menggetarkan hati, entah bersama hewan peliharaan di rumah, hewan yang pernah kalian selamatkan, atau hewan lainnya. Karena itu kami ingin mengundang teman-teman untuk ikut dalam Proyek Menulis Kisah Persahabatanku dengan Hewan.


Syarat untuk mengikuti proyek menulis ini mudah saja:

    Tulislah kisah dan pengalaman berkesan kalian dengan tema Kisah Persahabatanku dengan Hewan. Alangkah baiknya kalau kisah atau pengalaman itu bisa menggugah, menginspirasi dan membuka mata banyak orang tentang pentingnya menjaga hubungan baik dengan makhluk hidup lain, dalam hal ini hewan, menumbuhkan rasa cinta terhadap hewan dan menjaganya sebagai warisan alam untuk generasi mendatang serta mengandung ide-ide kreatif yang bisa digunakan untuk memperbaiki perlindungan terhadap hewan, baik hewan peliharaan maupun hewan liar.

    Terbuka untuk semua warga negara Indonesia tanpa batasan usia, jenis kelamin, status, pendidikan dan pekerjaan.

    Tidak dipungut biaya apapun untuk mengikuti proyek menulis ini alias GRATIS.

    Periode pengiriman tulisan mulai tanggal 1 Mei 2012 - 20 Mei 2012

    Tulisan harus kisah nyata (non fiksi), diketik dengan font Arial ukuran 12,    spasi 1.5, dikirim melalui email attachment (lampiran) ke marubunnytown@gmail.com. Di subyek email tuliskan format berikut: KPDH - Judul Tulisan – Nama anda.

    Panjang tulisan 500 - 2500 kata.

    Tulisan merupakan hasil karya sendiri, bukan hasil saduran dan copy-paste dan belum pernah dipublikasikan di media manapun.

    Boleh mengirim lebih dari 1 tulisan/cerita

    Tulisan tidak mengandung unsur SARA, provokatif, pornografi dan tidak menyudutkan pihak lain.

    Tulisan harus sesuai dengan tema yaitu “Kisah Persahabatanku dengan Hewan”.

    Tulisan menggunakan bahasa Indonesia yang baik, tidak menggunakan bahasa alay, tidak menggunakan tulisan yang disingkat-singkat seperti yg, dll, drmn, dan sebagainya.

    Diperkenankan menyertakan foto yang berhubungan dengan isi tulisan. Ukuran file foto maksimal 500 MB.

    Hewan yang menjadi subyek tulisan tidak dibatasi jenis dan golongannya selama kegiatan/kisah dalam tulisan tersebut tidak melanggar hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

    Bagian paling atas tulisan mencantumkan identitas nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telpon, email, akun facebook/twitter/blog/website dan jenis hewan yang menjadi subyek dalam tulisan. Setelah itu baru tuliskan judul dan tulisan.



Proyek Menulis ini murni sebagai bentuk kepedulian kami terhadap perlindungan hewan. Ada banyak cara berbagi dan peduli. Teman-teman yang memiliki kepedulian sama seperti kami tapi tidak bisa memelihara dan mengadopsi hewan terlantar di jalanan, tidak memiliki uang untuk menyumbang, bisa ikut berbagi cinta melalui tulisan.

Kisah teman-teman yang lolos seleksi akan dibukukan dan diterbitkan melalui NulisBuku.Com dan seluruh hasil penjualan dan royalti akan disumbangkan untuk kegiatan penyelamatan atau konservasi hewan. Dan karena ini adalah proyek amal bukan lomba, tidak akan ada hadiah dalam bentuk apapun untuk teman-teman yang tulisannya lolos seleksi selain ucapan terimakasih dan doa yang tulus untuk kalian semua karena sudah ikut berkontribusi untuk mencintai hewan :)

    Update:

    Kami sangat menghargai niat baik teman-teman yang berkontribusi dalam proyek menulis ini. Maka ijinkanlah kami untuk sedikit berbagi :)

    Kami akan memilih 3 tulisan favorit dan penulisnya akan mendapatkan reward yang mudah-mudahan bisa bermanfaat. Tolong jangan diukur dari besarnya, karena ada atau tanpa hadiah, niat baik teman-teman semua sudah sangat berarti untuk penyelamatan hewan :)

        Favorit 1: uang tunai Rp 500.000,00 + souvenir

        Favorit 2: uang tunai Rp 300.000,00 + souvenir

        Favorit 3: uang tunai Rp 200.000,00 + souvenir


Informasi dan perkembangan lanjutan proyek menulis ini akan di-update melalui blog ini, twitter @saryahd dan Facebook Page Maru Bunny Town. Peran penting hewan dalam kehidupan manusia harus dibarengi upaya sungguh-sungguh untuk menjaga kelestarian dan keberadaannya, sehingga semakin besar pula peluang mereka untuk menjaga kesimbangan kehidupan manusia dan alam.

No comments:

Post a Comment