Saturday, May 12, 2012

Audisi Buku BMGers: Menghalau Galau lewat Social Media



Deadline: 31 Mei 2012


Kebanyakan orang menggunakan social media hanya untuk bersenang-senang, galau-galauan, narsis-narsisan, menulis status-status yang tidak penting, mengeluh, mengumpat, menghabiskan waktu, membuang waktu, atau hal-hal yang tidak produktif lainnya.

Padahal social media sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang sehat, bermanfaat, dan produktif. Terbukti, banyak orang yang sukses dan bahagia karena memanfaatkan social media untuk hal-hal yang positif.

Salah satu manfaat social media adalah membantu kita mengatasi galau, sedih, minder, patah hati, kecewa, stress, atau perasaan-perasaan tidak asyik lainnya.

Apakah Anda pernah berhasil menghalau galau, membuang rasa sedih, mengatasi minder atau menghilangkan stress setelah menggunakan social media dengan cara tertentu? Jika pernah, yuk ceritakan pengalaman tersebut. Siapa tahu pengalaman Anda bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi positif bagi para pembaca.



Ikutilah:

Audisi Buku BMGers: Menghalau Galau lewat Social Media

Audisi ini diselenggarakan oleh komunitas “Belajar Menulis GRATIS” (BMG), bekerja sama dengan PenulisLepas.com dan DapurBuku.com. Audisi terbuka buat seluruh BMGers, baik yang di Facebook maupun Twitter. Bagi Anda yang ingin ikut audisi ini tapi belum jadi anggota, silahkan gabung saja. Gratis kok



Untuk bergabung dengan group BMG di Facebook, klik di sini.

Untuk memfollow akun BMGers di Twitter, klik di sini.

Berikut adalah informasi lengkap mengenai Audisi Buku BMGers: Menghalau Galau lewat Social Media.

Tatacara

Sesuai tema audisi ini, Anda dipersilahkan menulis pengalaman pribadi dalam memanfaatkan social media untuk mengatasi galau, sedih, minder, patah hati, kecewa, stress, atau perasaan-perasaan tidak asyik lainnya.
Tulisan Anda harus berupa KISAH NYATA yang menceritakan pengalaman pribadi Anda.
Anda boleh menulis dalam bentuk penyampaian tips dan trik, tapi haruslah berisi tips dan trik yang telah Anda terapkan sendiri berdasarkan pengalaman. Bukan sekadar teori. Misalnya, Anda bercerita mengenai kiat yang Anda lakukan untuk mengatasi rasa kecewa dengan cara menulis status tertentu di Facebook.

Naskah dikirim ke email bmgers.mail @ gmail.com (hilangkan spasi di antara tanda @) dengan ketentuan:

- Subject (judul) Email: Naskah Audisi Menghalau Galau

- Cantumkan biodata Anda yang terdiri dari unsur:

=== Nama lengkap Anda (nama asli)

=== Nama pena (untuk dimuat di buku)

=== Alamat rumah Anda (tulis yang lengkap ya, untuk tujuan pengiriman buku)

=== Nomor HP

=== Alamat email di Facebook (khusus bagi Anda yang membantu publikasi via Facebook)

=== Username anda di Twitter (khusus bagi Anda yang membantu publikasi via Twitter)

=== Usia

=== Jenis kelamin

=== Profesi (tulis sedetil mungkin)

Lampirkan juga biodata dalam bentuk narasi, yang tujuannya untuk dimuat di halaman Biodata Penulis buku antologi ini.

Cara menulis biodata narasi:

- Tulis dengan sudut pandang orang ketiga (bukan “aku”, jadi seolah-olah biodata tersebut ditulis oleh orang lain, bukan Anda).

– Cantumkan data pribadi Anda yang boleh dibaca oleh publik, seperti:

=== nama pena

=== nama asli

=== nama panggilan

=== tempat dan tanggal lahir

=== alamat tempat tinggal

=== hobi

=== pekerjaan/profesi

=== kegiatan sehari-hari

=== pengalaman dan prestasi dalam menulis

=== Anda bisa dihubungi lewat apa? (telepon, email, facebook, twitter, blog, dan sebagainya)

– JANGAN cantumkan hal-hal yang tidak boleh atau tidak perlu diketahui oleh publik (seperti nomor telepon, nomor rekening bank, alamat lengkap, dan sebagainya)

– Tidak perlu panjang, tapi ditulis sekitar 6 hingga 10 kalimat saja. Buatlah biodata narasi yang ringkas, padat, to the point.
Deadline: Naskah Anda ditunggu paling lambat tanggal 31 Mei 2012.
Pengumuman naskah-naskah yang lolos audisi insya Allah akan dilakukan tanggal 7 Juni 2012 di website PenulisLepas.com.
Buku ini akan diterbitkan secara self publishing di DapurBuku.com.
Peserta tidak perlu membayar apapun untuk mengikuti audisi ini, alias GRATIS.
Fasilitas/layanan yang didapatkan oleh penulis yang lolos audisi akan diumumkan belakangan. Sebab ada kemungkinan proyek audisi ini akan mendapat sponsor, tapi belum pasti. Karena itu, tunggu saja informasi berikutnya ya. Yang jelas, ada atau tidak ada sponsor, para peserta yang lolos insya Allah tetap akan mendapat fasilitas dan layanan yang menarik.



* * *

Kriteria Naskah

Naskah harus asli berisi pengalaman nyata Anda sendiri, bukan pengalaman orang lain, bukan naskah terjemahan, bukan naskah daur ulang atau saduran, dan tentu saja bukan naskah jiplakan.
Naskah diketik rapi dengan format huruf Times New Roman ukuran 12, spasi 1,5. Minimal 200 kata dan maksimal 800 kata (atau sekitar 1 hingga 3 halaman A4).
Naskah ditulis dengan bahasa Indonesia yang baik.
Penggunaan istilah-istilah asing atau daerah diperbolehkan selama memang diperlukan sebagai bahan referensi. Yang penting gunakan seperlunya, dan – jika perlu – cantumkan artinya dalam bahasa Indonesia.
Naskah Anda hendaknya ditulis secara TO THE POINT. Tak perlu pakai pengantar atau kalimat-kalimat pembuka yang tidak efektif.
Satu orang penulis hanya boleh mengirimkan satu naskah.
Naskah tidak boleh mengandung hal-hal yang berbau SARA, kebencian, permusuhan, dan/atau hal-hal negatif dan tidak patut lainnya.
Sesuai tema buku ini, tentu lebih baik bila naskah Anda bisa menjadi inspirasi bagi pembaca, membuat mereka termotivasi juga untuk memanfaatkan social media untuk hal-hal yang positif dan produktif.
Naskah yang dikirim BELUM PERNAH dipublikasikan di manapun, baik itu media cetak (majalah, koran, tabloid) maupun media digital (milis, blog, facebook, dst).

* * *

Syarat Wajib: Bantuan Publikasi

Setiap peserta audisi ini WAJIB membantu publikasi melalui Facebook atau Twitter. Boleh salah satu saja. Tapi kalau mau kedua-duanya juga sangat diperbolehkan.

Sangat Penting: Bantuan publikasi HARUS langsung Anda lakukan setelah membaca dan memahami semua info dan persyaratan audisi ini. Walau Anda belum mulai membuat tulisan, bantuan publikasi harus dilaksanakan SESEGERA MUNGKIN. Agar makin banyak teman yang mengenai info audisi ini.

I. Untuk Publikasi di Facebook:

Pastikan Anda sudah me-LIKE Fan Page BMGers.
Sejak awal (lebih cepat lebih baik), Anda harus sudah memasang banner audisi ini di wall FB Anda (bannernya tercantum di bawah ini). Tidak harus jadi foto profil, tapi cukup ditaruh di wall FB Anda.
Untuk tujuan pemberitahuan kepada panitia, silahkan tag Fan Page BMGers.
Anda boleh men-tag orang lain, tapi tidak wajib. Dan tag Anda tidak ada hubungannya dengan lolos tidaknya Anda pada audisi ini.
Pada keterangan gambar, sertakan penjelasan singkat mengenai audisi ini, lalu taruh link ke info audisi ini (silahkan copy paste saja). Berikut adalah linknya:
http://www.penulislepas.com/audisi-buku-bmgers-menghalau-galau-lewat-social-media.
Anda boleh meng-upload banner audisi ini MAKSIMAL 5 kali selama audisi berlangsung. Frekuensi Anda dalam meng-upload banner akan menjadi salah satu unsur penilaian.

II. Untuk Publikasi di Twitter:

Pastikan Anda sudah mem-follow akun @BMGers

Buatlah twit yang mengandung unsur-unsur:

- Informasi mengenai audisi ini

- Link atau URL ke info audisi ini, yakni http://goo.gl/b5AW7

- Mention ke @BMGers

- Hastag #AudisiGalau
Anda boleh mention ke orang lain, tapi tidak wajib. Dan mention Anda tidak ada hubungannya dengan lolos tidaknya Anda pada audisi ini.
Twit harus dimuat minimal 1 kali dalam sehari selama audisi ini berlangsung. Frekuensi Anda dalam ngetwit akan menjadi salah satu unsur penilaian juri. Jika Anda tak bisa setiap hari online, coba gunakan layanan scheduled tweets seperti Hootsuite, Tweerdeck, dan sebagainya.
Anda boleh saja menggunakan layanan seperti twitlonger dan seterusnya. Tapi ingat: Twit Anda tetap harus maksimal 140 karakter. Tak boleh lebih! Jangan sampai ada teks yang terpotong!

* * *

Terima kasih. Ditunggu naskah terbaik Anda. Salam sukses selalu!

Tertanda,

Panitia Audisi Buku BMGers: Menghalau Galau lewat Social Media

No comments:

Post a Comment