Saturday, June 30, 2012

KOMPETISI MENULIS FLASH FICTION LAMIN POHON (LAMIN POHON FF)

Lamin Pohon bekerja sama dengan Nulis Buku Club Balikpapan mengadakan
Kompetisi Menulis Flash Fiction

Apa itu Flash Fiction?

Flash fiction adalah karya fiksi yang sangat singkat, bahkan lebih ringkas daripada cerita pendek (cerpen). Panjang rata-rata flash fiction berkisar antara 250 sampai 1000 kata. Karakteristik utamanya adalah: penggunaan kata yang efektif, lebih fokus pada cerita daripada deskripsi karakter dan latar belakang yang spesifik. Flash fiction lebih mengutamakan kepiawaian mengolah kata seminim mungkin untuk menghasilkan efek cerita sedramatis mungkin.

Apa itu Lamin Pohon?

Lamin Pohon yang penyebutannya kemudian disingkat menjadi Lampoh adalah sebuah rumah dengan tema menyatu dengan alam. Di rumah inilah lalu dikembangkan tempat berkumpul yang asik, yaitu: waroeng spaghetti tuna, pojok lampion, dan ruang baca perpustakaan, yang merupakan tempat berkumpulnya banyak komunitas yang memiliki visi dan misi serupa. Beralamat di Jl. PU 3 No. 38 Komp. V&W Balikpapan, Lampoh merupakan sebuah sarana baru pelepas penat dengan konsep alamnya yang menenangkan pikiran.

Ketentuan Umum :

    Khusus untuk yang berdomisili di Balikpapan, pelajar dan umum. Panitia pembukaan Ruang Baca Perpustakaan Lamin Pohon tidak diperbolehkan mengikuti kompetisi.
    Kegiatan Lamin Pohon FF ini adalah sebuah kompetisi yang diselenggarakan dalam rangka rangkaian acara pembukaan Ruang Baca Perpustakaan Lamin Pohon.
    Satu orang penulis hanya boleh mengirimkan satu hasil karya.
    Penulis menjamin karya yang diikutkan dalam kompetisi Lamin Pohon FF ini merupakan hasil karyanya yang orisinil, bukan saduran & bukan terjemahan dari hasil karya orang lain dan belum pernah dipublikasikan di media manapun.
    Penulis menjamin bahwa hasil karya yang diikutkan dalam kompetisi Lamin Pohon FF ini tidak mengandung unsur SARA, menyinggung agama atau golongan tertentu, serta tidak mengandung unsur pornografi.
    Pihak panitia tidak bertanggung jawab atas tuntutan hukum dari pihak lain atas hasil karya yang diikutkan dalam kompetisi Lamin Pohon FF ini.
    20 karya terbaik akan dibukukan, dan dari 20 karya tersebut akan di pilih Juara 1, 2, dan 3.
    Royalti yang didapat dari penjualan buku akan disumbangkan ke Ruang Baca Perpustakaan Lamin Pohon untuk pengembangan kegiatan kepustakaan.
    Semua tulisan akan melalui proses seleksi oleh editor dan tim redaksional dari panitia. Hasil keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.
    Pihak panitia berhak untuk mengeluarkan hasil karya anggota dari buku kumpulan flash fiction jika ternyata penulis melanggar ketentuan dan jika terjadi tuntutan hukum terhadap hasil karya.
    Penulis yang karyanya terpilih diharuskan membuat surat pernyataan bahwa karya yang dikirimkan orisinal dan belum pernah dipublikasikan di media manapun.


Syarat dan Cara Mengirimkan Naskah:

    Bentuk tulisan adalah Flash Fiction.
    Tema bebas, namun harus bersetting Lamin Pohon.
    Ditulis sepanjang maksimal 2 (dua) halaman A4, dengan font Times New Roman 12, spasi 1,5. Margin yang digunakan adalah 2,5 cm atas, bawah, kiri dan kanan. Arsip naskah tulisan disimpan dalam bentuk Microsoft Word.
    Edit karyamu dengan baik, karena sebaiknya tidak ada revisi untuk karya yang sudah dikirimkan.
    Pastikan di akhir naskah tersebut sudah ada biodata penulis, berupa : nama, pekerjaan, tempat bekerja /sekolah, email, akun facebook atau twitter, serta nomor telpon yang dapat dihubungi. Jika tidak ada biodata seperti yang diminta, maka karya dianggap gugur.
    Naskah yang dikirim disimpan dalam format nama: judul – nama penulis, contoh: Kenangan Senja – Sitta Anggana atau Menatap Langit Hitam – Arianto Budi
    Kirimkan naskahmu ke email ini laminpohon.flashfic@gmail.com dengan subjek email : Lomba Menulis FF Lamin Pohon, dalam format .doc (MS Word).
    Waktu penyerahan naskah dimulai tanggal 1 Juni – 15 Juli 2012. Waktu tenggat akhir pengiriman tulisan tanggal 15 Juli 2012 pukul 23.59 Wita.
    Panitia berhak untuk tidak memasukkan tulisan yang dianggap tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan pengiriman naskah di atas.
    Penulis yang karyanya terpilih akan dihubungi oleh pihak panitia.
    Tunggu proses lay-out dan disain buku ini. Kami akan memberi informasi terbaru tentang proses kegiatan di :
        blog : nbcbalikpapan.wordpress.com
        majalah dinding di Lamin Pohon – Waroeng Spagheti Tuna Jl. PU 3 No. 38


Contoh Flash Fiction bisa dilihat di blognya nisa dan mila

Keterangan lengkap lihat di : nbcbalikpapan.wordpress.com
Kontak twitter : @NBCBalikpapan atau @RBP_LamPoh
Email: nbc.balikpapan@gmail.com

No comments:

Post a Comment