Friday, March 30, 2012

-=Alasan El Clasico Barca-Madrid Paling Dinanti=-

TIDAK ada yang meragukan kekuatan dan kehebatan tim Barcelona dan Real Madrid. Dua tim ini nyaris berseteru, hampir di semua kompetisi bergengsi. Selain di La Liga, persaingan lain yang paling panas saat ini adalah perebutan juara bergengsi Liga Champions 2012.

El Clasico antara the Catalan dan Los Blancos, menjadi yang paling dinanti pecinta sepak bola di seluruh dunia. Berikut alasan mengapa aksi kedua tim ini, dinilai sangat layak untuk bertemu di final Liga Champions 2012, dikutip dari bleacher report.

1. Real Madrid bisa dikatakan tidak terlalu sulit untuk bisa lolos ke final Liga Champions. Bisa dikatakan, anak asuh Jose Mourinho ini beruntung, hanya bertemu kuda hitam Apoel di perempat final. Kalaupun Madrid harus bertemu pemenang antara Marseille atau Bayern Munich, skuad Madrid masih memiliki kualitas di atas kedua tim tersebut.

Sementara Barcelona memiliki tugas yang lebih keras, saat harus bertemu tim kuat Italia, AC Milan. Andai bisa membalikan keadaan di Nou Camp usai ditahan seri 0-0 di San Siro, Barca kemungkinkan memiliki peluang lolos ke final, karena 'hanya' menunggu hasil pertemuan antara Benfica dan Chelsea.

2. Menterengnya prestasi pelatih kedua tim menjadi alasan lain El Clasico akan lebih menarik. Madrid dan Barcelona memiliki manajer yang hampir tiada bandingnya dalam kecakapan taktis dan pengalamannya di Liga Champions.

Jose Mourinho terkenal dengan skema yang rumit dan tak terduga, yang telah digunakan berkali-kali menggagalkan lawan. Pengalaman mengelola Chelsea, Porto, Inter dan Madrid, membuat strategi Mourinho paling ditunggu andai anak asuhnya jadi bertemu Barca di El Clasico.

Sementara pelatih Barcelona, Pep Guardiola, juga tak bisa dipandang sebelah mata. Pelatih necis ini telah memenangkan hampir semua pertandingan dan menjadikan pelatih terbaik yang pernah dimiliki tim Catalan.

3. EL Clasico menjadi yang paling dinanti, apalagi kalau bukan karena persaingan antara bintang Barca, Lionel Messi dengan punggawa Madrid, Christiano Ronaldo.

Lionel Messi, pemain terbaik dunia tiga kali beruntun, menjadi poin penting Barca memenangkan berbagai kompetisi. Kelincahan, kecerdikan permainannya selalu membuat decak kagum. Sementara aksi Ronaldo yang pernah menjadi pemain terbaik dunia, juga patut ditunggu. Kecepatannya berlari, ditambah tendangan keras, selalu menjadi modal dalam mencetak gol ke gawang lawan.

4. Barca dan Madrid disebut layak tampil di final Liga Champions, tak lepas dari merosotnya prestasi pesaing mereka. Chelsea, misalnya, saat ini hanya berada di posisi keempat Liga Inggris. Marseille, hanya duduk di posisi kesembilan Ligue. Sehingga kemungkinan pertemuan Barca dan Madrid lebih mudah terwujud, karena sejak awal mereka lebih mendominasi kemenangan.

5. Kedua tim baik Barca atau Madrid, bisa dikatakan sudah langganan lolos ke perempat final bahkan final liga Champions. Barca, misalnya, bisa dikatakan tim yang cukup sering tampil di final liga Champions. Punggawanya seperti Xavi dan Carles Puyol telah turun berkali-kali dalam kompetisi final sebelumnya. Termasuk saat meraih trophy Liga Champions 2011.

Sedangkan Madrid juga sangat menjanjikan. Real Madrid telah menjuarai kompetisi ini sembilan kali dan menjadi yang terbanyak di seluruh Eropa. Tim-tim yang paling sukses berikutnya adalah AC Milan (7 kali juara), Liverpool (5 kali juara), FC Bayern München, AFC Ajax dan FC Barcelona (4 kali juara), Manchester United dan Internazionale Milan (3 kali juara).

6. Tidak bisa dipungkiri pula, kefanatikan fans mereka di seluruh dunia turut membawa euforia berbeda bila final Liga Champions jadi menyajikan El Clasico. Baik pertandingan di Nou Camp maupun di Santiago Bernabeu, tak pernah sepi dari dukungan masing-masing suporter. Bahkan jutaan pasang mata di penjuru dunia, dipastikan juga akan menyaksikan laga idaman ini.

Jadi, cukup sederhana untuk menanti kelanjutan dari aksi-aksi Messi cs dan Ronaldo cs, yang saat ini masih harus berjuang di babak perempat final. Andai El Clasico benar-benar jadi kenyataan, siapakah menurut anda yang pantas mengangkat trophy Liga Champions 2012, Barcelona atau Real Madrid?.

No comments:

Post a Comment