Thursday, July 12, 2012

Event Lomba Cerpen Bertema Lokalitas

Deadline: 15 Juli 2012


EVENT LOMBA MENULIS CERPEN

BERBASIS SEJARAH, LEGENDA, SENI dan BUDAYA LOKAL

UNTUK PELAJAR SMP – SMA dan sederajat.

Gairah kepenulisan makin bermunculan dan semarak hampir di seluruh pelosok negeri. Sungguh ini merupakan tanda yang sangat menggembirakan, karena menulis merupakan salah satu indikator kecerdasan bangsa. Terlebih lagi, semakin banyak pelajar seperti kalian yang meramaikan kancah lomba kepenulisan yang banyak digelar baik oleh instansi pemerintah, perusahaan maupun komunitas-komunitas baca-kepenulisan-seni-budaya.

Mengapa menulis kian diminati?

Kian banyak yang menyadari, dengan menulis mendorong seseorang makin tajam dalam berpikir dan kreatif. Kepakaan dan kepedulian pun kian meningkat, diantaranya terhadap banyak hal yang ada di sekitar kita, termasuk kekayaan lokal. Ya, kekayaan lokal tak jauh dari kehidupan kita sehari-hari, mulai dari cerita rakyat dan legenda (yang diturunkan dari penuturan lisan), seni dan budaya tradisional sebagai cirri khas daerah yang nyaris tenggelam, hingga sejarah-sejarah kuno hingga beberapa tahun silam yang terjadi di daerah kita.

Nah, Sanggar Kepenulisan Pena Ananda Club dalam rangka Hari Anak Nasional 2012 menyelenggarakan event lokal, yaitu menulis cerita pendek berbasis sejarah, legenda, seni dan budaya lokal.

Syarat:

Peserta masih terhitung sebagai pelajar SMP/MTs dan SMA/SMK/MA di seluruh Indonesia hingga tanggal 23 Juli 2012, dengan menunjukkan bukti scan Kartu Pelajar yang berlaku.
Cerpen ditulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia, diperbolehkan menggunakan Bahasa Daerah dengan ketentuan menyertakan arti dalam bentu footnote.
Isi tidak boleh bertentangan dengan SARA dan atau mengandung teks porno, penghinaan, pelecehan dan pernyataan asusila lainnya.
Diketik dalam format Rich Text Format atau *.RTF di kertas A4, 4-8 halaman, 1,5 spasi, font Arial 11pt, tidak termasuk halaman judul.
Biodata diketik terpisah, berisi:

- Nama

- Tempat/tanggal lahir

- Alamat rumah

- Telp. / HP

- Kelas / sekolah

- Alamat sekolah

- Telp. sekolah

Surat pernyataan keaslian karya yang ditandatangani penulis, ditulis terpisah, menyatakan kalau karya dengan judul (sebutkan judulnya) adalah asli, bukan saduran atau jiplakan. Maka, jika cerita ditulis dari hasil penuturan nara sumber, peserta harus menarasikannya dengan menggunakan kekhasan ciri khas diri sendiri secara mengalir dan indah, sehingga tampak kreativitas yang membedakan dengan penuturan aslinya.
Lampirkan sumber (literatur atau nara sumber yang diwawancarai, pendongeng, dan lain sebagainya) pada lembar terpisah.
Peserta yang tidak mengikuti ketentuan ini, dinyatakan gugur.
Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

10. Semua hasil tulisan menjadi hak penyelenggara, Sanggar Kepenulisan Pena Ananda Club, dengan hak cipta tulisan tetap pada penulis masing-masing.

11. Jika suatu saat ada penerbit mayor yang bersedia menerbitkan kumpulan “cerpen-cerpen terpilih” ini, Pena Ananda Club akan menghubungi peserta yang terpilih dan melakukan perjanjian penerbitan.

DEADLINE dan Pengiriman Naskah:

Naskah harus sudah diterima penyelenggara paling lambat tanggal 15 Juli 2012 pukul 12.00 melalui email.
Naskah, biodata, surat pernyataan keaslian karya, lembar sumber/nara sumber, scan Kartu Pelajar, foto berwarna setengah badan (pose santai dan sopan), dijadikan dalam 1 folder dengan nama Folder: [Cerpen Lokal]_Judul Cerpen_Nama Penulis, kemudian yang di-compress dalam format WINRAR atau WINZIP, lalu dilampirkan dalam email.
Kirim email ke alamat: qq_zahr2007@yahoo.co.id dengan format subyek:

Subject: [Cerpen Lokal]_Judul Cerpen_Nama Penulis

Pengumuman:

Senin, 23 Juli 2012

Hadiah:

Juara I : Paket Buku (4 buku terbitan Pena Ananda Indie Publishing) + e-Certificate

Juara II : Paket Buku (3 buku terbitan Pena Ananda Indie Publishing) + e-Certificate

Juara III : Paket Buku (2 buku terbitan Pena Ananda Indie Publishing) + e-Certificate

Seluruh peserta akan mendapatkan e-Sertificate of Participation dan Pena Ananda Club yang tidak bisa digandakan karena bernomor registrasi.



No comments:

Post a Comment