Thursday, July 12, 2012

Lomba Menulis Puisi dan Menulis Resensi Buku Tembang Cinta Kamboja

Ada sebuah hadis berkata: “Barang siapa merasa senang dengan datangnya ramadan maka diharamkan api neraka menyentuh jazadnya”. Maka berbahagialah umat kaum muslimin dengan datangnya bulan ramadan, bulan penuh berkah dan pengampunan, bulan mustikanya bulan, bulan dimana setiap amalan, pahalanya dilipat gandakan. Sebab itu, mari kita perbanyak amal dan sodakoh di bulan ramadan yang sebentar lagi akan segera datang.
Kamboja adalah nama sebuah bunga, bunga yang lazim terdapat di makam, namun kini bunga kamboja tidak hanya terdapat di makam, namun dijadikan bonsai, di tanam di dalam pot, menjadi penghias teras rumah dan berharga yang cukup tinggi. Dengan mengingat kamboja sebagai bunga yang biasa terdapat di makam, hendaknya menjadikan mengingat pada makam, pada kematian, bahwa kelak kita semua akan mati. Maka dengan mengingat mati diharapkan dapat menjadikan kita semakin meningkatkan amal perbuatan saleh dan semakin mendekatkan diri pada Allah, meningkatkan iman dan takwa, memperbanyak dzikir dan ibadah serta amalan saleh lainnya, terlebih di bulan suci ramadan. Agar kita dapat menjadi manusia yang bernilai tinggi di hadapan Tuhan. Dengan iman dan takwa, menjadikan hidup dan jiwa kita indah, seindah mutiara dan memiliki nilai setingi mutiara.
Selama bulan ramadan, kita berpuasa, berpuasa tidak hanya menahan lapar dan dahaga tetapi juga menahan dan melawan hawa nafsu, maka ketika kita telah berhasil memerangi hawa nafsu, di hari lebaran, kita dapat merasakan kemenangan dan kemerdekaan. Bulan ramadan tahun ini terjadi pada pertengahan bulan Juli sampai dengan pertengahan bulan Agustus, bahwasannya pada bulan Agustus adalah bulan kkemerdekaan bagi bangsa Indonesia yang diproklamasikanoleh Sukarno-Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945. Dengan demikian pada bulan Agustus nanti kita akan merayakan dua kemerdekaan, yaitu kemerdekaan melawan hawa nafsu selama ramadan yang diperingati di hari lebaran dan memperingati kemerdakaan bangsa Indonesia yang ke 67.
Dalam rangka ramadan, lebaran dan memperingati kemerdekaan bangsa Indonesia tahun ini, Kamboja Grup bersama Sembilan Mutiara Publishing menggelar pekan buku amal, lomba menulis puisi bertemakan ramadan dan kemerdekaan, dan lomba memnulis resensi buku Tembang Cinta Kamboja. Pekan buku amal dan Lomba menulis puisi dan resensi buku Tembang Cinta Kamboja dimaksut adalah sebagai berikit:
I. Pekan Buku Amal.
Pada pekan awal bulan ramadan, tanggal 1 sampai 6 ramadan, panitia menyediakan buku untuk dijual dan diamalkan. Dalam hal ini kita mengundang dan mengajak sahabat semua untuk membeli buku sekaligus beramal. Siapa saja yang berkenan membeli buku, dipersilahkan mengirimkan alamat pada panitia dan panitia akan mengirimkan buku pesanan kepada pemesan. Pembayaran dilakukan dengan cara mentransfer ke rekening akhirat, yaitu dengan memberikan pada takmir masjid/ mushola terdekat dari lokasi pembeli buku. Buku yang disediakan untuk dijual dalam pekan buku amal dan harga buku adalah sebagai berikut:
1. Buku Jejak Mata Pena : Rp. 40.000 per eksemplar
2. Buku Indonesia Berkaca: Rp. 25. 000 per eksemplar
3. Buku Tembang Cinta Kamboja: Rp. 25. 000 per eksemplar
Harga tersebut di atas belum termasuk ongkos kirim, ongkos kirim rata-rata untuk pulau jawa per eksemplar buku Rp. 15. 000, untuk luar pulau jawa rata-rata Rp. 20.000, jadi semisal anda di Surabaya membeli satu eksemplar buku Tembang Cinta Kamboja, maka pembeli wajib membayar Rp. 40. 000, dibayarkan ke takmir masjid/ mushola terdekat/ di lingkungan anda, atas nama Kamboja Grup dan Sembilan Mutiara Publishing.
Ketentuan pekan buku amal ini sebagai berikut:
1. Pekan buku amal berlaku untuk wilayah Indonesia
2. Per orang hanya dibolehkan membeli masing-masing judul buku satu eksemplar, berarti pembeli dapat membeli 3 buku, 2 buku atau cukup satu buku. Selama persediaan masih ada.
3. Pembeli dapat memesan melalui inbok atau sms ke panitia, dengan memberikan nama, alamat, judul pemesanan buku dan nama masjid/ mushola terdekat pembeli yang akan di sumbang. Untuk diumumkan di dinding Grup Kamboja sebagai pertanggungjawaban panitia kepada donatur buku.
4. Panitia acara ini adalah 17 penulis dalam buku Tembang Cinta Kamboja
II. Lomba Menulis Puisi Bertema Ramadan dan Kemerdekaan.
Ketentuan dalam lomba ini adalah sebagai berikut:
1. Peserta menjadi anggota Grup Kamboja, karena pengumuman terkait lomba akan disampaikan di dinding Grup Kamboja.
2. Peserta mengkopi pengumuman ini di catatannya dengan menandai sekurangnya 25 teman, termasuk akun Penerbit Sembilan Mutiara.
3. Puisi dapat ditulis dijadiakan satu dengan catatan pengumuman ini, yaiyu puisi ditulis di bawah pengumuman. Atau ditulis di dinding Grup Kamboja dengan menyertakan link catatan pengumuman ini yang sudah dikopi di catatan peserta.
4. Panjang puisi maksimal 25 baris.
5. Lomba ini dilaksanakan mulai tanggal 13 sd 20 Juli 2012 pukul 00.00 WIB.
6. Dewan juri akan menentukan karya terbaik 1, 2 dan 3. Karya terbaik ke 1 akan diberikan bingkisan 3 eksempar buku (Jejak mata Pena, Indonesia Berkaca, dan tembang Cinta Kamboja), karya terbaik ke 2 akan diberikan bingkisan 2 eksemplar buku (Indonesia Berkaca, dan Tembanng Cinta Kamboja), karya terbaik ke 3 akan diberikan bingkisan 1 eksempalar buku (Tembang Cinta Kamboja).
7. Penilaian didasarkan pada; kesesuaian tema (bagaimana dapat merangkum tema ramadan dan kemerdekaan), keindahan bahasa dan kedalaman makna.
8. Karya terbaik 1, 2 dan 3 InsaAllah akan dibukukan dalam buku kumpulan puisi Grup Kamboja berikutnya, dan bila memungkinkan 10 karya terbaik juga ikut dibukakan dalam buku tersebut.
9. Para dewan juri lomba ini adalah 17 penulis dalam buku Tembang Cinta Kamboja. Keputusan dewan juri bersifat mutlah dan tidak dapat diganggu gugat.
10. Yang tidak memenuhi persyaratan tersebut di atas dinyatakan gugur.
11. Karya terbaik 1, 2 dan 3 akan diumumkan di dinding grup Kamboja pada tanggal 1 Agustus.
III. Lomba menulis resensi buku Tembang Cinta Kamboja.
Ketentuan lomba ini adalah sebagai berikut:
1. Bagi yang berminat menulis resensi buku Tembang Cinta Kamboja dapat menghubungi akun Tosa Poetra untuk dikirim softkopi buku Tembang Cinta Kamboja.
2. Resensi dapat ditulis di catatan FB dengan menandai sekurangnya 25 teman, termasuk akun Sembilan Mutiara publishing dan menyertakan link pengumuman ini di bawah resensi. Dapat juga dikirim ke email : sembilanmutiara@ymail.com,
dengan mengkopi pengumuman ini dan menandai sekurangnya 25 teman, termasuk akun sembilan Mutiara publishing.
3. Resensi terbaik 1 mendapatkan 3 judul buku, terbaik 2 mendapatkan 2 judul buku, damn terbaik ke 3 mendapatkan 1 judul buku.
4. Lomba ini dilaksanakan mulai diumumkan lomba ini sampai dengan tanggal 26 Juli 2012, resensi terbaik 1, 2 dan 3 akan diumumkan di didnding Grup Kamboja pada tanggal 1 Agustus 2012.
5. Dewan juri resensi adalah tim sembilan mutiara publishing.
6. Keputusan juri bersifat mutlak dan tak dapat diganggu gugat.
7. Yang tidak mematuhi syarat di atas dinyatakan gugur.
Pekan Buku Amal dan Lomba berlaku untuk wilayah Indonesia. Acara ini terselenggara atas kerjasama Kamboja Grup dengan Penerbit Sembilan Mutiara


 
****
yang punya 7 cerpen bertema cinta genre romance. 1 cerpen=5 hal kirim ke emailku ya arinymoela@ymail.com
aku mau kirim kumcer ke penerbit major tapi penerbit minta 15 cerpen, sedangkan cerpenku difolder hanya 8 cerpen. aku tunggu cerpennya sebelum tanggal 20. cz tanggal dah kirim ke penerbit.

No comments:

Post a Comment