Thursday, July 12, 2012

LOMBA CERPEN UNTUK PERAYAAN ULTAH AVET BATANG PARANA & HENDRA SAPUTRA

Dalam rangka memperingati hari ultah Avet Batang Parana yang jatuh pada bulan Agustus 2012 dan Hendra Saputra yang jatuh pada tanggal 2 September 2012, Riskaninda Maharani atas nama teman dekat dan rekan sesama penulis mengajak teman-teman semua untuk mengikuti lomba penulisan cerpen dengan ketentuan sebagai berikut :
1. Naskah adalah karya sendiri (bukan saduran) dan belum pernah dipublikasikan lewat media manapun.
2. Naskah ditulis dalam file Microsoft Word 2003/2007, font Times New Roman 12 dengan format justify, kertas A4, spasi 1,5; batas margin 3 cm (1,18 inci) untuk setiap sisi. Panjang naskah: 4-5 halaman lengkap dengan nomor halaman. Tema : “cinta segitiga”.
3. Nama tokoh utama wanita wajib “Riskaninda Maharani” dan nama tokoh utama pria wajib “Avet Batang Parana” dan “Hendra Saputra”. Yang dijelaskan setidaknya dalam satu kalimat dalam cerpen.
4. Naskah dikirimkan ke email: riskanindam@yahoo.com berupa attachment, bukan di badan email. Tulis judul email: ultahAH-Nama FB Penulis. Tulis nama file word: Nama Penulis.
5. Pengumpulan naskah ditunggu sampai 24 Juli 2012 jam 23.00.
6. Tag info lomba ini ke minimal 30 orang sahabat FB. Dilarang men-tag info lomba ke akun FB : “Riskaninda Maharani”, “Avet Batangparana”, maupun “Hendra Twainer”! Bila ada yang tidak mematuhi ketentuan dalam poin enam ini, maka kepadanya akan langsung didiskualifikasikan dari perlombaan.
Unsur-unsur penting yang dinilai dalam cerpen :
1. Mengedepankan unsur romantisme (35 %).
2. Keindahan literasi (25 %).
3. Kekuatan pesan yang disampaikan (20 %).
4. Kaidah penulisan cerpen, terutama EYD (15 %).
5. Kesesuaian isi tulisan dengan tema (5 %).
Ketentuan tambahan :
1. Setiap peserta wajib menyertakan foto dan biodata narasi tidak boleh lebih dari 200 kata dan dijadikan satu dengan naskah (ditulis di lembar bawah naskah). Foto yang dikirimkan dalam bentuk jpc.doc. dan biodata narasi yang tidak dijadikan satu file tidak akan diproses.
2. Peserta yang tidak mengikuti aturan-aturan yang tersebut di atas, naskahnya juga tidak akan diproses.
3. Akan dicari 25 nominator yang karyanya akan dibukukan bersama penanggung jawab lomba dan penulis tamu. Dan nama kesemua nominator akan tercantum di cover belakang.
4. Tiga peserta dengan naskah terbaik namanya akan tercantum di cover depan dan kepadanya akan diberikan hadiah berupa paket buku.
5. Keputusan juri mengikat, tidak bisa diganggu gugat, dan tidak diadakan surat-menyurat.
6. Lomba ini gratis. Alias tidak dipungut biaya.
7. Update peserta akan dilakukan di note Riskaninda Maharani.
8. Pengumuman pemenang dilakukan pada tanggal 31 Juli 2012.
Demikian pengumuman dari saya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Dan harap menjadikannya maklum adanya.
N.B. : Lomba ini diadakan sebagai kejutan untuk mereka berdua yang namanya tersebut di atas. Sehingga, dimohon dengan hormat untuk semua peserta dan rekan-rekan penulis yang mengenal kedua nama tersebut, harap jangan menyampaikan informasi ini kepada mereka berdua dalam bentuk apapun! Kecuali, jika mereka berdua yang mengetahui sendiri lomba ini dari note yang di-publish di grup atau akun FB teman mereka. *_^
Salam karya,
Dili, 8 Juli 2012
PJ Lomba : Riskaninda Maharani.

No comments:

Post a Comment