Thursday, April 19, 2012

Lomba Cerita Pendek Fantasi Fantasy Fiesta 2012



Deadline: 15 Juni 2012

Teman-teman,

Melanjutkan perjuangan, perjalanan panjang (dan kesuksesan :-D ) di tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2012 ini Kastil Fantasi kembali menyelenggarakan lomba menulis cerita pendek fantasi, Fantasy Fiesta!

Kami mengajak para penulis untuk kembali berpesta, berimajinasi, berkumpul dengan para penulis dan pembaca cerita-cerita fantasi lainnya, dan bertukar kritik serta saran. Bagi para pemenang, tentunya juga akan ada hadiah menarik menanti.

Bagaimana cara mengikutinya? Simak syarat dan ketentuan di bawah ini.

Syarat dan Ketentuan:

    Lomba Cerita Pendek Fantasi Fantasy Fiesta 2012 boleh diikuti siapa saja alias terbuka untuk umum, namun setiap peserta hanya diperbolehkan mengikutsertakan satu buah karya.
    Syarat dan ketentuan cerita:
        Cerita adalah karya asli peserta, bukan saduran atau jiplakan.
        Cerita belum pernah dipublikasikan sebelumnya di media cetak maupun elektronik.
        Cerita bergenre fantasi dengan tema bebas (namun tidak mengandung pornografi dan tidak menyebarluaskan kebencian pada suku, agama, ras atau golongan tertentu). Untuk mengenal lebih banyak tentang cerita-cerita bergenre fantasi, kamu bisa melihatnya di buku kumcer Fantasy Fiesta 2010 dan Fantasy Fiesta 2011, atau cerita-cerita lainnya yang ada di Kastil Fantasi (http://kastilfantasi.com).
        Cerita menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan ditulis dengan rapi. Cerita yang tulisannya berantakan, banyak salah ketik dan mengabaikan tata cara penulisan yang baik tidak akan diterima.
        Cerita berisi minimal 2500 kata dan maksimal 3000 kata.
        Sebisa mungkin judul cerita menggunakan Bahasa Indonesia.
    Untuk menjadi peserta, kamu harus mendaftar dengan cara mengirim e-mail ke alamat fantasyfiesta@kastilfantasi.com dengan judul ‘Pendaftaran Lomba Cerpen Fantasy Fiesta 2012’ paling lambat tanggal 15 Juni 2012, yang berisi:
        Nama pena
        Nama asli (lengkap)
        Alamat rumah/tempat tinggal
        Naskah cerita, dilampirkan dalam bentuk dokumen Microsoft Word.
    Peserta tidak perlu mengirimkan ceritanya berulang kali. Perbaikan atau revisi hanya diperbolehkan jika memang diminta  oleh Panitia melalui e-mail fantasyfiesta@kastilfantasi.com.
    Seluruh cerita yang sudah dikirimkan oleh peserta akan diseleksi sesuai dengan Syarat dan Ketentuan di atas. Cerita yang lolos menjadi peserta akan dipajang di Kastil Fantasi (http://kastilfantasi.com) mulai tanggal 1 Juli 2012.
    Peserta diperbolehkan memajang ceritanya di tempat lain seperti blog, facebook atau tempat-tempat lainnya, dengan tak lupa memberikan keterangan bahwa cerita tersebut diikutsertakan pada ajang Fantasy Fiesta 2012.
    Peserta diperbolehkan menyertakan satu buah gambar ilustrasi untuk cerpennya. Gambar nantinya akan ikut dipajang bersama cerita, namun tidak mempengaruhi penilaian. Syarat dan ketentuan: penulis harus telah mendapat izin dari sang ilustrator untuk menggunakan karya tersebut, nama ilustrator juga harus disebutkan pada e-mail pendaftaran, dan ukuran gambar tidak boleh melebihi 100 kilobyte.

Pemenang dan Hadiah:

    Lima cerita terbaik akan diumumkan pada tanggal 1 Oktober 2012 di Kastil Fantasi (http://kastilfantasi.com)
        Pemenang Pertama akan mendapatkan hadiah berupa voucher belanja/uang tunai senilai Rp 500.000,-.
        Pemenang Kedua akan mendapatkan hadiah berupa voucher belanja/uang tunai senilai Rp 400.000,-.
        Pemenang Ketiga akan mendapatkan hadiah berupa voucher belanja/uang tunai senilai Rp 300.000,-.
        Pemenang Keempat akan mendapatkan hadiah berupa voucher belanja/uang tunai senilai Rp 200.000,-.
        Pemenang Kelima akan mendapatkan hadiah berupa voucher belanja/uang tunai senilai Rp 100.000,-.
        Para pemenang juga akan mendapatkan hadiah berupa buku/merchandise dari penerbit Adhika Pustaka selaku sponsor utama kegiatan Fantasy Fiesta 2012.

Juri:

    Seluruh cerita akan dinilai oleh lima orang juri:
        R.D. Villam (penulis Akkadia: Gerbang Sungai Tigris; salah satu penulis kumcer Fantasy Fiesta 2010 dan Fantasy Fiesta 2011)
        Klaudiani a.k.a. Dian K. (penulis Zauri: Legenda Sang Amigdalus; salah satu penulis kumcer Fantasy Fiesta 2010 dan Fantasy Fiesta 2011)
        Bonmedo Tambunan (penulis serial Xar & Vichattan; salah satu penulis kumcer Fantasy Fiesta 2010 dan Fantasy Fiesta 2011)
        Dewi Putri Kirana (penulis Candu Aksara, pemenang lomba Fantasy Fiesta 2010; salah satu penulis kumcer Fantasy Fiesta 2010)
        Magdalena M. Amanda (salah satu penulis kumcer Fantasy Fiesta 2010 dan Fantasy Fiesta 2011)
    Hasil akhir penjurian tidak dapat diganggu gugat.

Siapkan karyamu sebaik-baiknya dan kirimkan segera ke Kastil Fantasi. Maju terus dunia fiksi fantasi Indonesia.

Salam.


Villam

No comments:

Post a Comment